Cara Mudah Merawat Kamera Digital

Sumber : Google

Para pembaca sekalian, kali ini kami dari MSG Bacgkround akan berbagi tentang cara merawat kamera digital dengan mudah. Perawatan yang baik pada kamera akan berdampak pada keawetan kamera tersebut dan bisa menghasilkan jepretan yang bagus. Baik berikut tips merawat kamera yang baik :

1. Hindarkan kamera kontak langsung dengan matahari
Kamera yang langsung kontak dengan matahari terlalu lama akan merusak beberapa komponen yang ada di kamera seperti karet, plastik dan komponen lainnya. Panas yang tinggi yang dipancarkan matahari akan berakibat buruk pada kamera anda apabila terlalu lama, usahakan lindungi kamera anda jika terkena sinar matahari terlalu lama.

2. Bersihkan kamera dan lensa secara rutin
Kebersihan dari kamera dan lensa adalah hal utama yang perlu diperhatikan karena apabila lensa sudah kotor maka akan meninggalkan bekas pada hasil jepretan kita. Sebaiknya kamera dibersihkan secara teratur minimal seminggu sekali. Bagian dalam kamera dapat dibersihkan menggunakan blower atau peniup khusus untuk membersihkan kamera yang banyak dijual di toko-toko elektronik, sedangkan bagian luar kamera bisa dibersihkan dengan lap kering dengan tekstur yang halus agar tidak merusak fisik kamera. 

3. Hindari kamera dari air laut
Air laut merupakan air yang sangat mudah membuat kamera berkarat apabila bersentuhan langsung. Apabila anda menggunakan kamera di pinggiran pantaim maka jagalah kamera jangan sampai terkena air laut, kecuali kamera tersebut memang dirancang untuk kegiatan di laut atau pantai. Apabila anda telah menggunakan kamera di pantai maka bersihkan segera setelah pemakaian karena uap air laut seringkali membawa butir-butir garam yang menempel pada kamera dan bisa menyebabkan karat pada kamera.  Apabila tanpa tersengaja kamera anda tercelup ke air laut maka segera lah bilas dengan air tawar untuk menghilangkan kadar air laut tersebut kemudian bilsa berulang-ulang.

4. Hindarkan kamera dari kapur barus
Kapur barus dapat merusak jalur pada PCB (Printed Circuit Board) adalah tempat chip kamera terpasang . Uap yang dihasilkan dari kapur baru dapat menodai dan membuat bekas pada lensa. Simpan kamera pada tempat yang kedap udara dan kering, Bagi anda yang tidak memiliki lemari khusus untuk menyimpan kamera maka alternatif penggantinya menggunakan stoples besar yang tertutup rapat dan diberi silica gel agar tidak lembab. Alternatif lainnya adalah dengan memasang lampu 5 watt dan diletakan kurang lebih 40 cm di atas kamera dan perlengkapan kamera lainnya, Perlu diketahui rata-rata kerusakan yang disebabkan oleh kapur barus tidak dapat diperbaiki atau tidak bisa pulih seperti awal lagi .

5. Hindari dari goncangan yang berlebihan
Jagalah kamera anda dari goncangan yang berlebihan dengan menempatkan kamera anda di dalam tas khusus untuk kamera . Apabila anda tidak memiliki tas khusus maka anda bisa membungkus kamera dengan kain yang tebal dan letakan di tas biasa supaya menghindari dari goncangan. 

6. Hindari lensa kamera dari goresan
Hal paling vital dari sebuah kamera adalah lensa karena lensa sangat sensitif terhadap goresan, apabila sudah tergores atau terkena noda maka akan sulit untuk dihilangkan. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan memasang filter pada depan lensa. Filter yang umum digunakan adalah jenis filter UV (Ultra Violet). Pada bagian belakang lensa anda dapat menghindari goresan dengan selalu memasang bodycup penutup lensa.

7. Lakukan servis di tempat terpercaya atau dealer resmi
Apabila kamera anda mengalami kerusakan maka sebaiknya anda melakukan servis di tempat yang bisa dipercaya karena tidak jarang banyak tukang servis yang tidak jujur dan tidak profesional dalam melakukan pekerjaannya. Lebih baik lagi anda servis di dealer resminya selain sudah terjamin kualitasnya, komponen-komponen yang digunakan merupakan komponen asli dari pabriknya dan sesuai dengan merk kamera yang diservis..

Terima kasih.


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
March 23, 2016 at 7:22 PM delete

wahhh... gitu tho caranya, slama ni trnyta saya salah, nice vroh, mampir jga di web SatuJam.Com ya? bnyak konten menarik didalamnya

Reply
avatar