Tips Memilih Kamera DSLR untuk Pemula

Sumber Google
Kamera DSLR saat ini sedang di minati oleh semua orang karena kemudahannya dalam mengoperasikannya. Namun untuk membelinya kita harus pintar-pintar memilih kamera DSLR sesuai dengan kebutuhan yang akan kita gunakan. Untuk menentukan kamera mana yang akan kita gunakan kita bisa memilih dari tipenya namun terkadang untuk pemula atau pengguna baru akan binggung karena tipe kamera yang banyak jumlahnya. Canon dan Nikon merupakan 2 merk terkenal penyedia kamera DSLR dengan kualitas yang terbaik. Canon atau pun Nikon memiliki keunggulan masing-masing di beberapa bagian  dan menurut saya mau memilih Canon atau Nikon kebanyakan orang saat ini lebih ke seleranya. Ada yang lebih suka menggunkan Nikon ada pula yang lebih suka menggunakan Canon. Berikut akan saya jelaskan cara memilih kamera DSLR untuk pemula :

1. Kebutuhan 
Kamera memiliki berbagai macam tipe baik Canon ataupun Nikon namun kita bisa memilih tipe kamera sesuai dengan kebutuhan kita. Cara paling mudah untuk mengetahui kebutuhan kualitas kamera dilihat dari harganya , karena sebuah elektronik dengan harga yang makin mahal maka kualitas akan semakin bagus tetapi ini bukan menjadi faktor utama dari suatu kualitas produk. Apabila kita membeli kamera untuk kebutuhan sehari-hari maka pilih saja kamera dengan range harga murah di antara 4-6 juta namun apabila kita membeli kamera untuk usaha photographi maka kita bisa membeli kamera dengan harga di atas 10 juta .

Sumber Google
2. Ketersediaan Dana
Sebelum kita membeli kamera DSLR, kita sebaiknya siapkan dulu dana yang cukup untuk membeli sebuah kamera DSLR, Sesuaikan harga kamera dengan ketersediaan dana yang kita miliki, jangan memaksakan membeli sesuatu apabila kita memang dana kita belum mencukupi. Siapkan dana sebesar 4-6 juta untuk satu unit kamera DSLR. Kita bisa mengecek harga kamera di toko-toko kamera, situs penjualan kamera, katalog kamera atau bisa bertanya kepada teman.


3. Untuk pemula Merk bukan pertimbangan utama
Jika anda masih pemula dalam hal kamera DSLR merk merupakan pertimbangan utama dalam kita memilih sebuah kamera. Karena pada dasarnya kamera DSLR untuk pemula memiliki fitur yang hampir sama dari kesemua merk jadi apapun merknya fitur yang digunakan pun tidak jauh beda. Saat ini merk yang sedang merajai kamera DSLR adalah merk Canon, Nikon, Sony dan Pentax. Apabila anda pemula namun sudah terpaku terhadap merk maka saya yakini anda membeli sebuah kamera karena ingin memamerkan sebuah merknya bukan kegunaannya.

Sumber Google
4. Cari tahu Service Center di Kota anda
Dalam membeli sebuah produk elektronik anda juga harus mempertimbagkan keberadaan service center resmi di sekitar anda karena akan berpengaruh apabila kita ingin melakukan perbaikan atau pembelian spare part resminya. Oleh karena itu sebelum membeli kamera DSLR pastikan terlebih dahulu service center di daerah anda ada atau tidak ,


5. ISO
Iso merupakan kepekaan kamera terhadap cahaya. Sebuah kamera dengan ISO yang semakin besar maka semakin bagus karena akan menghasilkan kualitas gambar yang bagus apabila dalam keadaan gelap. Bandingkan kamera satu dengan yang lain untuk kebutuhan ISOnya agar kita bisa menghetahui lebih bagus yang mana. Saat ini kamera DSLR memiliki ISO sampai dengan 6400.

Sumber Google

6. Resolusi
Sebuah kamera DSRL saat ini rata-rata memiliki resolusi paling tidak sebesar 12 Megapixels. Resolusi kamera perlu kita perhatikan karena akan berpengaruh kepada kualitas gambar, dengan semakin besar resolusi sebuah kamera maka akan semakin bagus pula dalam menghasilkan sebuah gambar. Dengan resolusi yang semkin tinggi maka akan menghasilkan ukuran data gambar yang makin besar juga. 

Di atas merupakan beberapa tips yang bisa digunakan untuk kita sebagai pemula dalam memilih kamera DSLR. Hal-hal tersebut merupakan patokan saja namun apabil diluar itu ada pertimbangan lain dalam memilih kamera maka alangkah lebih bagus. Sekian dari kami MSG Background Semoga bisa bermanfaat.


Previous
Next Post »